Terpopuler: Pertemuan Sri Mulyani-Megawati di Tengah Tekanan Bansos, Faisal Basri Ajak Tom Lembong Tantang Luhut Debat Hilirisasi

Wecome Indochine-Autrement di Situs Kami!

Indochine-Autrement, Jakarta – Kabar terkini yang menyita perhatian media adalah pemberitaan pertemuan Sri Mulyani dan Megawati Soekarnoputri. Sri Mulyani bertemu dengan Direktur Eksekutif PDI Perjuangan dalam rangka desakan untuk memberikan tambahan dana dana masyarakat (Bansos). Terpopuler: Pertemuan Sri Mulyani-Megawati di Tengah Tekanan Bansos, Faisal Basri Ajak Tom Lembong Tantang Luhut Debat Hilirisasi

Cerita lain yang banyak dibaca adalah tentang tanggapan Menteri Produksi Bahlil Lahadalia terhadap kritik mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terhadap bansos.

Lalu ada kabar Faisal Basri yang meminta Tom Lembong menantang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Keuangan Luhut Binsar Pandjaitan berdebat.

Lalu ada pernyataan Anies Baswedan yang mengkritik gagasan revolusi mental yang diusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum berhasil dilaksanakan.

Berikutnya adalah pembahasan alasan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan perusahaannya memutuskan mengimpor kereta listrik kecepatan tinggi (KRL) dari China.

Berikut rangkuman lima pemberitaan Indochine-Autrement: Sri Mulyani Bertemu Megawati di Tengah Desakan Jokowi Tuntut Kesejahteraan, Begini Penjelasannya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pengunduran diri dari pemerintah dan tekanan anggaran penyediaan bantuan masyarakat (Bansos) pada tahun 2024. Sekjen ( Sekjen) Republik Indonesia. Partai Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membenarkan SMI – konferensi informasi bersama Megawati.

Menurut Hasto, pertemuan itu selalu dilakukan mengingat kapasitas Megawati sebagai Ketua Komite Eksekutif Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Sri Mulyani yang merupakan Ketua Ex-officio Komite Eksekutif. Selain itu, kata Hasto, pertemuan tersebut juga membahas mengenai keadaan bangsa dan negara.

“Tentu kita juga membicarakan situasi nasional dan kenegaraan, membicarakan masalah keuangan. Itu penting,” ujarnya.

Hasto enggan menjelaskan lebih detail pembicaraan Megawati dan Sri Mulyani. Namun, dia memastikan mereka melindungi kepentingan masyarakat Indonesia.

Ya, saat ini sedang diupayakan pemanfaatan Bansos (bantuan masyarakat) untuk kepentingan pemilu, hingga anggaran masing-masing departemen dipotong 5 persen untuk kepentingan pemilu. Kita harus melihat kepentingan besar negara, katanya. .

Sri Mulyani disebut menolak alokasi BLT Mitigasi Risiko Pangan atau BLT Pangan karena akan membebani anggaran pemerintah. Dalam pemberitaan Majalah Tempo edisi 21 Januari 2024, sumber Tempo menyebut Sri Mulyani mendapat tekanan dari Jokowi untuk menyalurkan anggaran pemerintah untuk bantuan sosial. Rekannya, Sri Mulyani, mengatakan pembahasan penyaluran bansos semakin dipercepat setelah Mahkamah Konstitusi mengumumkan keputusan yang membuka jalan bagi Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi, untuk menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2024. Ia akhirnya mencalonkan diri. . bersama denganPrabowo Subianto.

Diberitakan juga pada bulan lalu, Jokowi meminta Sri Mulyani mengatur bantuan sosial El Nino sebesar Rp500 ribu per bulan per KPM. Namun Sri Mulyani protes karena hal itu akan membebani keuangan pemerintah. Pada akhirnya disepakati besaran bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan.

Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini. Transmart Full Day Sale! Beli Meja Makan Set Diskon Hampir Rp 1 Juta

Berikutnya: Bahlil Tanggapi Kritik Ahok Soal Politisasi Bansos…

Bahlil menghina Ahok yang mengkritik bansos yang diberikan Jokowi jelang pemilu.

Jelang pemilu 2024, Presiden Joko Widodo atau Jokowi aktif menyalurkan bantuan sosial atau bansos kepada masyarakat. Jokowi menggulirkan dua program bantuan sosial, yakni bantuan cadangan beras (CBP) pemerintah dan bantuan langsung tunai (BLT) untuk mengurangi kerawanan pangan.

Namun, politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik program bansos yang diusung Jokowi. Menurut Ahok, praktik pemberian bansos hanya terjadi pada masa pemerintahan, saat masyarakat meminta belas kasihan raja.

“Bantuan sosial hanya ada pada masa raja, ketika masyarakat meminta belas kasihan raja. Rajalah yang menentukan siapa yang ingin diberi belas kasihan,” kata Ahok dalam pidato Ahokers tentang Ganjar-Mahfud di Ganjar. -Rumah Aspirasi Relawan Mahfud di Jakarta Pusat, Minggu 4 Februari 2024. Lebih lanjut, Ahok mengatakan pemerintah Indonesia diciptakan dengan tujuan utama menciptakan keadilan sosial bukan sekedar memberikan bantuan sosial.

Menanggapi pernyataan Ahok soal bansos, Menteri Keuangan Bahlil Lahadalia mengatakan eks Gubernur DKI Jakarta itu sebaiknya tidak ditanggapi. Menurutnya, pandangan Ahok tidak mewakili pandangan masyarakat awam.

“Ah, kenapa kamu membalas Ahok seperti itu? Kenapa kamu membalas Ahok? Saya kira tidak ada alasan untuk membalasnya. Pemikiran Ahok tidak mencerminkan pemikiran orang biasa,” kata Bahlil yang merupakan juga Ketua Tim Aksi Strategis Prabowo-Gibran, saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 5 Februari 2024.

Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini.

Berikutnya: Faisal Basri Minta Tom Lembong Tantang Luhut Debat…

Faisal Basri tantang Luhut berdebat di hilir: Saya dan Tom Lembong

Kepala Ekonom Universitas Indonesia sekaligus pendiri Institute for Economic Development and Finance (Indef) Faisal Basri menyayangkan tidak ada satupun calon presiden (Capres) yang angkat bicara soal minimnya debat capres pekan ini.

Ia pun mendesak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membahas kontroversi tersebut.

Saya dan Tom Lembong menentang Luhut Pandjaitan dan Seto,” kata Faisal saat berbincang dengan Indef di Jakarta, Senin, 5 Januari 2024.

Saat ini Septian Hario Seto menjabat sebagai Kepala Bidang Investasi dan Pertambangan. Seto merupakan salah satu anak buah Luhut yang terlibat politik bawah tanah. Sementara itu, Tom Lembong yang merupakan wakil kapten tim juara nasional pasangan calon nomor satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menentang kebijakan tersebut.

Menurut Faisal, melalui diskusi atau debat yang mendalam, ia bisa menunjukkan kesalahpahaman terhadap kebijakan yang mendasari era Presiden Joko Widodo. Sementara itu, Luhut dan pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selalu menyerukan sungai sebagai solusi bagi industri Indonesia.

Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini.

Berikutnya: Anies Kritik Implementasi Revolusi Psikologis Jokowi…

Kritik Jokowi, Anies Soal Harga UKT dan Pinjol: Jauh dari Semangat Revolusi.

Calon presiden (Capres) nomor satu Anies Baswedan mengkritisi gagasan revolusi psikologis yang diusung Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini yang belum berhasil dilaksanakan.

Pasalnya, menurut Anies, saat ini masih ada perasaan “cobaan” di birokrasi. Apalagi yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan adalah mahalnya biaya kuliah tunggal (UKT) dan anjuran universitas agar mahasiswa menggunakan dompet online (pinjol) untuk membayar UKT.

Anies mengatakan, pergeseran mental ini pertama kali dibicarakan pada satu dekade lalu atau pada tahun 2014. Artikel yang ditulis Pak Jokowi pada 10 Mei 2014, ujarnya saat acara Memanfaatkan Anies, di Semarang, Jawa Tengah, Senin malam, 5 Februari 2024.

Dalam tulisan tersebut, kata Anies, ada banyak hal baik dalam perubahan pikiran tersebut, seperti kemandirian dan reformasi ekonomi, kemudian kebijakan penanaman modal asing di bidang sumber daya alam (SDA) untuk mencegah penjarahan perusahaan asing.

Lalu birokrasinya menggunakan sistem politik tanpa KKN (korupsi, falsifikasi, dan nepotisme). Artinya tidak ada ‘ordal’ (orang dalam), kata Anies.” (Permintaan).

Terakhir, menurut Anies, biaya biaya kuliah tunggal (UKT) mahal, sehingga mahasiswa jika tidak mampu membayar UKT diminta mengambil layanan pinjaman online (pinjol).

“Akhir-akhir ini kawan-kawan ingat UKT? Ada masyarakat yang tidak membayar UKT, sarannya bayar online. Jauh dari semangat Revolusi Mental,” kata Anies.

Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini.

Next: Alasan KCI Impor KRL dari China…

Harga KRL Jepang Baru Naik, KCI Pilih Impor China

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengatakan keputusan perseroan mengimpor Kereta Api Listrik (KRL) dari China ketimbang Jepang karena pertimbangan biaya. Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba membenarkan biaya pengiriman KRL dari China lebih murah dibandingkan Jepang.

“Iya, untuk harga (produk China) sangat bersaing. Artinya pabrikan lain (Jepang) lebih tinggi,” kata Anne dalam jumpa pers di Kantor Pusat KAI Commuter, Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa, 6 Februari. 2024.

Diketahui, PT KCI telah menandatangani perjanjian pembelian tiga seri KRL dari CRRC Sifang Co., Ltd pada 31 Januari 2024 di Beijing, China. Tiga seri KRL tipe KCI-SFC120-V senilai Rp 783 miliar.

Diberitakan sebelumnya, KCI berencana mengimpor KRL dari Jepang. Berdasarkan permintaan harga JR East pada 30 Juni 2023, satu set kereta dengan 12 gerbong diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 225,6 miliar, sehingga biaya tiga set kereta baru dari Jepang sebesar Rp 676,8 miliar. Terpopuler: Pertemuan Sri Mulyani-Megawati di Tengah Tekanan Bansos, Faisal Basri Ajak Tom Lembong Tantang Luhut Debat Hilirisasi

Setelah adanya permintaan resmi dari J-TREC (operator KRL Jepang di mana JR-East memiliki seluruh sahamnya) pada Oktober 2023, Anne mengatakan bahwa perubahan petunjuk teknis dan finansial mengingat permintaan harus lebih tinggi dari sebelumnya. pada bulan Juni 2023.

Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini.

Pilihan Editor: Faisal Basri Temukan 3 Kelemahan Kampanye Jokowi yang Hilang dari Pembahasan Debat Capres Cawa.

Badan Usaha Milik Negara PT Taspen (Persero) mengumumkan rencana pembayaran pensiunan PNS, TNI, dan Polri akan dibayarkan mulai hari ini. Baca selengkapnya

Erick Thohir mengaku belum paham apa saja program bansos yang dicanangkan pemerintah belakangan ini saat ditanya. Baca selengkapnya

Tanda keinginan Jokowi bertemu Megawati semakin jelas. Apa saja gejala-gejala ini? Baca selengkapnya

Direktur IDEAS Yusuf Wibisono mengatakan bansos tersebut bermotif politik demi keuntungan elektoral Presiden Jokowi. Baca selengkapnya

Terkait aksi protes mahasiswa UGM, Ari Dwipayama mengatakan dirinya dan Pratikno selalu hadir untuk memperkuat demokrasi. Baca selengkapnya

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berhak memilih besok. TPS mana yang akan dipilih pasangan tersebut? Baca selengkapnya

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi terbuka bertemu Megawati demi kebaikan dan kemajuan negara. Baca selengkapnya

Banyak media internasional memberitakan demonstrasi mahasiswa yang menentang campur tangan pemerintahan Jokowi pada pemilu 2024, termasuk latihan Gejayan Memanggil. Baca selengkapnya

CEO Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan petani sangat senang karena harga gandum tinggi pada musim ini. Baca selengkapnya

Ekonom senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri pun menyerukan agar Sri Mulyani Indrawati mundur sebagai menteri keuangan. Baca selengkapnya