Viral Video Ibu Hamil Merokok di Sekitar Anak-anak, Dokter Ungkap Bahayanya untuk Janin

Sugeng rawuh Indochine-Autrement di Website Kami!

Indochine-Autrement – Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang ibu hamil sedang merokok di sekitar anak-anak. Dokter mengatakan risiko syok dan bahaya juga dirasakan oleh janin. Viral Video Ibu Hamil Merokok di Sekitar Anak-anak, Dokter Ungkap Bahayanya untuk Janin

Dalam pernyataannya, dia menulis bahwa dia merokok selama kehamilan sebelumnya dan kedua anaknya lahir dengan sehat. Alasan Protein Nabati Tak Dianjurkankan untuk Bayi

“Ini saya hamil, anak pertama dan kedua saya sehat semua, dan saya merokok saat mereka hamil dan sekarang mereka sehat,” tulisnya dalam video yang diposting di akun Instagram @bundsthetic, Rabu (19/10/2022). .

Netizen yang menyaksikan hal tersebut lantas berkomentar bahwa apa yang dilakukan sang ibu adalah egois. Ada pula yang berkomentar bahwa dampaknya bisa terjadi ketika anak-anak mereka beranjak dewasa.

Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Dr. Keven Talley, Sp.OG mengatakan, merokok pada dasarnya bukanlah hal yang baik selama kehamilan. Sebab, merokok dapat menyebabkan kelahiran prematur atau masalah lainnya.

“Dampaknya pada rahim ibu hamil yang merokok bisa berdampak pada rahim itu sendiri, yaitu kelahiran prematur. Hal ini juga bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan janin. Selain itu juga bisa menyebabkan cacat lahir pada janin, misalnya Misalnya cacat pada otak, saraf, atau organ tubuh,” jelas dr Keven saat dihubungi Indochine-Autrement, Kamis (20/10/2022).

Tak hanya berdampak pada bayi, dr Keven juga menjelaskan bahwa merokok juga bisa berdampak pada ibu. Merokok pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan pada plasenta atau ketuban pecah dini, termasuk keguguran.

Meski Anda tetap bisa melahirkan secara normal dan sehat, merokok saat hamil juga bisa menyebabkan masalah jangka panjang. Dr Keven mengatakan para ibu bisa mengalami gangguan kesehatan akibat menjadi perokok pasif. Selain itu, ada kemungkinan terjadi gangguan pertumbuhan janin dan paru-paru pada ibu.

“Karena asap rokok mengandung karbon monoksida sehingga mengganggu aliran oksigen dalam tubuh ibu dan janin. Jadi jika asupan oksigen terganggu, tentu pertumbuhan janin akan terhambat dan hal ini dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru. ibu,” Dr. Keven menjelaskan.

Bila ibu mengalami gangguan pernafasan maka akan mempengaruhi proses persalinan. Pasalnya, melahirkan memerlukan tenaga yang besar. Jika terjadi gangguan pernafasan maka akan mempengaruhi energi yang ibu hasilkan. Faktanya, asap rokok juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada bayi saat lahir. Viral Video Ibu Hamil Merokok di Sekitar Anak-anak, Dokter Ungkap Bahayanya untuk Janin

Merokok dapat mempengaruhi proses melahirkan. Oleh karena itu pada saat melahirkan khususnya pada persalinan normal diperlukan daya tahan yang kuat sehingga pernafasan juga harus kuat untuk dapat menelan. Jika pernafasannya terganggu maka pernafasan juga akan sulit. “Tapi kalau misalnya ibu merokok, asap rokoknya tentu akan mempengaruhi pernapasan bayi,” pungkas dr Keven.